Promosi:
KSOS
Jam Buka:
Senin-Jumat: 08.30-16.30, Sabtu: 08.30-12.00 (Tanggal Merah Libur)
Produk Baru:
Windows Server 2016, Autocad 2017, Autocad LT 2017 dan produk Autodesk lain

Pilihan Lisensi Autodesk Standalone (SLM) dan Network (NLM)

Autodesk versi Standalone versus versi Network

Autodesk memiliki 2 tipe lisensi: Standalone (SLM) dan Network (NLM)

Lisensi Standalone

Lisensi Standalone cocok untuk pengguna perorangan atau kantor kecil yang hanya membutuhkan beberapa individu untuk menggunakan dan mengakses produk Autodesk. Lisensi ini tidak membutuhkan koneksi jaringan/network untuk bekerja dan biasanya harganya lebih murah untuk produk yang sama yang berjenis lisensi network.

Jual software Autodesk

Lisensi stand-alone mendukung 1 atau lebih produk Autodesk untuk seorang individu dan komputer. Untuk beberapa produk Autodesk, copy kedua dari produk stand-alone bisa diinstal untuk pemakaian yang tidak bersamaan oleh satu single user. Contohnya: lisensi bisa digunakan di komputer kantor serta komputer rumah anda. Untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat di Software License Agreement (SLA) untuk produk anda.

Lisensi Multi-seat Stand-alone mirip dengan lisensi ini, mendukung sejumlah user yang pasti, mengijinkan anda untuk menginstal, register, dan aktivasi satu atau lebih produk Autodesk pada beberapa komputer dengan sebuah serial no.

(Sumber: http://usa.autodesk.com/adsk/servlet/pc/index?siteID=123112&id=18270103 tanggal 24 Juli 2012)

Lisensi Network

Lisensi Network pada Autodesk ideal untuk perusahaan besar yang membutuhkan banyak individu bisa mengakses dan menggunakan software Autodesk dari banyak tempat. Lisensi network Autodesk mendukung produk Autodesk digunakan sampai dengan maksimal jumlah user atau “seat” terkoneksi ke sebuath jaringan server (server network). Produk ini bisa diinstal ke sebanyak mungkin komputer yang diinginkan tapi jumlah maksimal yang bisa menggunakan lisensi ini pada saat yang bersamaan hanya sesuai jumlah maksimal lisensi yang dimiliki. Karenanya lisensi ini juga dikenal sebagai lisensi floating/mengambang.

Sebuah fungsi pada software ini yang dikenal sebagai Network License Manager (NLM) menerbitkan lisensi ke user sampai sebanyak jumlah “seat yang dimiliki perusahaan. Jika semua lisensi network sedang digunakan, tidak ada komputer lain bisa menggunakan produk autodesk lagi sampai sebuah lisensi dikembalikan ke NLM. Ada tiga tipe model server yang disupport oleh NLM. Ketika memesan lisensi network, pastikan anda menspesifikasikan model server yang paling cocok dengan kebutuhan anda.

  • Single License Server Model – Model server yang paling basic dari tiga model lain. NLM hanya diinstal di satu server, sehingga semua managemen lisensi dan aktivitas dibatasi ke satu lokasi. Sebuah file single license / file lisensi tunggal mewakili jumlah total lisensi yang tersedia pada server.
  • Distributed License Server Model – Lisensi dibagi ke lebih dari 1 server, yang setiap server memiliki sebuah file lisensi unik yang mewakili seporsi dari jumlah lisensi anda. NLM diinstal di setiap server sehingga semua aktivitas lisensi dana managemennya didistribusikan di antara beberapa server yang paling pas dengan kebutuhan anda. Server-server ini tidak harus pada subnet yang sama dan jika satu gagal, lisensi pada server lain masih ada.
  • Redundant License Server Model – semua lisensi dikonfigurasi pada 3 server berbeda. Setiap server memiliki file lisensi yang sama sehingga semua lisensi software anda ada pada setiap software. NLM diinstal pada setiap server dan dapat memonitor dan menerbitkan lisensi asalkan minimal 2 dari 3 server berfungsi. Ketiga server harus terletak pada subnet yang sama dan memiliki komunikasi jaringan yang konsisten (koneksi lambat, dial-up, eratik tidak disupport).

Informasi lebih lanjut baca: Choosing an Autodesk network license server model.

(Sumber: http://usa.autodesk.com/adsk/servlet/pc/index?siteID=123112&id=18270103; tanggal 24 Juli 2012)